Indonesia Admin Blogspot. Powered by Blogger.

Wednesday, February 24, 2010

PERIODE PRANATAL

PERIODE PRANATAL


 

Periode prenatal merupaakan periode pertama dalam rentang kehidupan manusia. Periode prenatal ini ditandai dengan konsepsi (bertemunya ovum dengan sperma), dan diakhiri dengan kelahiran, dengan jangka waktu kurang lebih sembilan bulan sepuluh hari.

Permulaan proses kehidupan dalam prenatal dimulai dengan bersatunya sel kelamin pria (spermatozoon, kalau banyak disebut spermatozoa) dengan sel kelamin perempuan (telur atau ovum, kalau banyak disebut ova). Hasil persatuan dua sel kelamin tersebut disebut zigot, mempunyai 23 pasang kromoson (pembawa sifat keturunan) yang berasal dari spermatozoon 23 kromoson, dan dari ovum juga 23 kromoson.

Peride sejak pembuahan sampai zigot tertanam di dalam dinding rahim, disebut periode zigot, sedangkan masa kandungan akhir minggu kedua sampai akhir bulan ke dua disebut periode zigot. Periode terakhir dalam prenatal disebut periode janin, terjadi pada akhir bulan kedua sampai lahir.

Beberapa kelainan ataupun penyakit yang bersifat keturunan atau kelainan kromoson antara lain, Polidaktili, Thalasemia, Albinisme, Kretinisme, Brakhidaktili, Sindroma Turner, Sindroma Klinefelter, Pria yang mempunyai kelebihan kromoson Y, Sindroma Tripel X, Trisoma Autosom.

Adapun ciri-ciri periode pranatal antara lain: Satu, sifat-sifat bawaan dan jenis kelamin individu sudah ditentukan sejak konsepsi, dan berfungsi sebagai dasar bagi perkembangan selanjutnya. Dua, Baik buruknya perkembnagan sifat bawaan, tergantung kondisi ibu yang mengandung. Tiga, Banyak bahaya, baik fisik maupun psikis yang dapat mempengaruhi pola perkembangan selanjutnya.


 


 

Ditulis Oleh : Nur Giantoro // 8:40:00 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar......