Kamis, 04 Maret 2010

10 Cara Menumbuhkan Kreativitas

Kreativitas dan inovasi tak harus berasal dari ide yang besar, bahkan ia bisa muncul dari ide-ide yang kecil. Namun, bagi sebagian orang, ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Dengan mengerti cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide "kecil" yang Anda miliki, akan bisa mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.

Sepuluh cara di bawah ini tak hanya menjadi pancingan semangat kreativitas, tapi juga bisa membantu Anda menjaga ide untuk terus mengalir. Dengan menjadikan langkah-langkah ini sebagai bagian dari hidup Anda, akan memberi dukungan fondasi kreativitas yang kuat, memfasilitasi inovasi, dan memudahkan proses mengatasi masalah.

  1. Tahu Apa Yang Membuat Bergairah
Anda bisa mencapainya dengan menciptakan misi, pedoman, atau hal penting. Dengan menemukan apa yang sungguh-sungguh membuat Anda terinspirasi, Anda memusatkan perhatian pada bakat dan kreativitas. Proses ini penting bagi orang kreatif, terutama yang dilimpahi ide-ide.

  
2. Temukan Ide
Berapa kali ide-ide luar biasa terhenti sampai akhirnya Anda lupa? Menciptakan sistem untuk menangkap ide tadi, bisa membantu Anda menyadari, Anda punya banyak pemikiran kreatif yang mengagumkan. Anda bisa mencatatnya di buku, PDA, tape recorder, atau HP, yang penting di tempat yang biasa Anda gunakan dan nyaman. Kuncinya, konsisten dan ada variasi.

3. Rapikan Pikiran
Sebaiknya, mulai mencatat kegiatan harian untuk menyimpan pikiran Anda yang mengembara ke mana-mana. Tulis apa saja yang ada dalam pikiran Anda. Buat daftar dari hasil pembicaraan, pengembangan ide-ide baru, dan dokumentasikan impian. Cara ini sangat baik dilakukan di pagi hari saat bangun tidur, dan malam hari ketika akan tidur.

4. Nikmati Ritual Kreatif
Ikuti kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Menikmati semangat kreatif ini bisa membuat Anda tetap segar dan mengeluarkan inovasi. Ritualnya bisa sederhana saja, cukup dua menit tertawa secara intens. Tujuannya, memberi inspirasi pada Anda untuk melakukan hal baru dan berbeda, yang bisa mengisi kembali kreativitas dan menstimulasi imajinasi Anda.

5. Sisihkan Waktu Untuk Refleksi & Introspeksi
Sisihkan waktu untuk merenung. Perilaku atau pikiran apa yang menghambat kreativitas berkembang? Bagaimana situasi hidup yang bisa menghilangkan energi hingga mengurangi produksi kreatif Anda? Menyembuhkan diri Anda dari hambatan-hambatan tadi merupakan langkah tepat.

6. Bersyukur
Bersyukur merupakan bagian "terbesar" dari kreativitas. Jika Anda mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih pada hal-hal sederhana, Anda akan diberkahi ide-ide baru. Gunakan catatan harian untuk membuat daftar semua hal yang disyukuri. Jika Anda menderita karena ide terhambat, duduk dan tuliskan 10 hal yang harus disyukuri. Jika Anda mengalami hal-hal yang baik, tuliskan rasa terima kasih Anda.

7. Menghargai
Temukan hal untuk dihargai atas apa pun yang Anda lihat dan alami, misalnya menghargai pribadi, kecantikan, usaha orang lain, atau hasil kerajinan. Perhatikan dan hargai hasil karya yang ada di sekeliling Anda.

8. Ciptakan Komunitas
Ciptakan komunitas agar Anda bisa berbagi minat yang sama. Ceritakan perasaan-perasaan Anda, baik yang membuat bergairah atau sebaliknya seperti keberhasilan, rasa frustrasi, atau hal-hal yang membuat gila. Komunitas bisa Anda jumpai di internet, hubungan telepon, secara perorangan atau lewat cara lain.

9. Abaikan Suara Negatif
Jangan pedulikan suara-suara negatif di kepala Anda yang mengatakan, Anda tak mampu, tak bisa berubah, atau menjadi kreatif bukan untuk Anda melainkan untuk orang lain. Sadari, suara-suara tadi hanyalah ilusi dalam pikiran yang menghambat Anda berkembang mejadi lebih baik.

10. Rayakan Kemenangan Kecil

Kreativitas tak selalu harus muncul dari hal besar atau skala besar. Tindakan berarti bagi seseorang, bisa merupakan kemenangan luar biasa bagi orang lain. Jika Anda mencoba, paling tidak satu di antara tips di atas, yakinlah Anda pasti bisa meraih kemenangan kecil.

Sumber:
http://catur.dosen.akprind.ac.id/2009/01/11/10-cara-menumbuhkan-kreativitas/

Ditulis Oleh : Nur Giantoro // Kamis, Maret 04, 2010
Kategori:

3 komentar:

  1. Wuih, mantep nih tipsnya. Insya Allah, akan coba saya praktekkan :)

    BalasHapus
  2. makasih mas itu tips saya kutip dari narasumber diatas

    BalasHapus
  3. Perlu untuk dipraktekkan......tq tips nya..

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar......

 
Diberdayakan oleh Blogger.