Indonesia Admin Blogspot. Powered by Blogger.

Sunday, September 5, 2010

Hidupmu Pilihanmu Menjadi Pengemudi Atau Penumpang

Jika ada hal yang sangat saya yakini pada konsep ini, saya tidak begitu yakin jika ada. Jika saya harus menjelaskan satu konsep, maka jadilah. Saya membicarakan tentang filosofi terkait dengan memiliki dan mengendarai agenda yang dimiliki. Ini merupakan dasar apapun yang saya yakini akan membuat Anda dan orang lain lebih sukses, lebih tertata, tekanan yang berkurang dan pada akhirnya membuat diri mereka lebih bahagia. Saya pribadi tidak menyukai perilaku "satu ukuran yang cocok untuk semua" dan ini mungkin menjadi tamparan tapi saya bersedia mengambil resiko tersebut.

Memiliki dan mengendarai agenda personal menandakan Anda seorang pengendara, bukan penumpang. Artinya Anda harus menempatkan diri pada posisi untuk mencapai apa yang ingin diraih dan tidak mudah merasa kasihan dan tumpuan keinginan orang disekitar Anda. Ini adalah posisi pentingg yang harus diambil. Tidak menempatkan diri Anda di tempat duduk pengendara, tidak memiliki agenda dan tidak menggunakannya akan membuat setiap orang dan semua disekitar Anda mendikte Anda apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Inilah yang membedakan antara Anda akan bekerja dan menginginkan menyelesaikan 3 tugas yang spesifik, mengerjakan dan menyelesaikannya dibandingkan dengan bekerja tanpa adanya agenda, dan hanya mengikuti alur. Anehnya, sekitar 95% orang diluar sana melakukan hal tersebut. Tanpa rencana, tanpa agenda, dan mereka menjadi penumpang permanen.

Ada dua bagian dalam persamaan ini. Bagian pertama adalah dengan memiliki agenda. Ada beberapa kategori agenda; kita hanya membahas versi sehari-hari. Masing-masing hari dan setiap hari, baik hari kerja atau personal, Anda harus memiliki outline mendetail apa yang ingin Anda selesaikan hari itu. Sebuah aturan yang sederhana: semakin detil agenda, semakin baik peluang yang Anda miliki untuk mencapainya. Detail datang dengan apapun sistem yang Anda gunakan untuk mengelola waktu Anda. Agenda Anda akan menjadi detil garis besar penggunaan waktu sehari-hari. Waktu yang Anda investasikan dengan tepat dalam menetapkan Manajemen Waktu setiap harinya, akan memberikan dividen yang besar di akhir hari. Ada hubungan langsung dan tidak terbantahkan antara hasil yang positif dan waktu yang Anda gunakan dalam menyusun agenda. Jangan bingung dengan waktu yang Anda gunakan untuk eksekusi agenda, dengan waktu yang Anda gunakan untuk menyusunnya.

Inilah yang membuat orang sukses berbeda dengan orang yang tidak sukses. Mereka bisa membuat waktu bekerja untuk mereka. Mereka bisa memaksimalkan upaya mereka dan menghasilkan hasil yang lebih banyak dengan diluar kerangka waktu yang sama dibandingkan orang yang tidak mempelajari perlajaran tersebut. Pelajarannya adalah mereka telah mempelajari dengan baik untuk menginvestasikan sejumlah kecil waktunya di spot yang tepat, dengan kegiatan yang tepat, akan membawa benefit yang besar pada saat pelaksanaan. Dalam kasus ini, review dilakukan di penghujung hari. Investasi waktu yang saya maksudkan adalah sejumlah kecil yang dibutuhkan untuk menyusun agenda diawal hari. Konsep yang sederhana, mudah diterapkan.

Berapa banyak waktu yang kita butuhkan disini, 30 menit? 2 jam? Berapa lama dibutuhkan untuk menyusun agenda seseorang setiap harinya? Ini merupakan proses yang tidak berawal dan memiliki tombol stop. Ini berevolusi dan berubah secara konstan, seperti Daftar Kehidupan Anda, Saluran aktivitas, daftar prioritas, To Do List, dan kondite manajeman waktu, semuanya adalah alat yang Anda gunakan untuk mengatur dan menjadi lebih produktif. Saya sadar bahwa saya tidak cukup membantu karena Anda menginginkan waktu tertentu yang bukan merupakan jawaban yang bisa saya berikan. Yang bisa yang saya katakan adalah: setiap detik yang Anda gunakan dalam proses ini akan kembali pada Anda sepuluh kali lipat sebagai peningkatan benefit Anda. Waktu yang digunakan untuk menyusun, menetapkan dan memiliki agenda adalah salah satu cara memaksimalkan diri Anda.

Anda memiliki agenda, sekarang apa yang akan Anda lakukan dengannya? Anda yang mengendalikannya, itulah apa yang Anda kerjakan. Anda tidak perlu membuang waktu berharga untuk membuat karya ini. Ini adalah saat dimana Anda tahu melakukan kegiatan yang tepat di saat yang tepat, tanpa ragu, tanpa tebakan ke dua, dan semuanya dilakukan dalam fase persiapan. Ini adalah tahap produksi; dimana To Do List menjadi Done List. Anda bisa berupaya keras dalam tahap ini karena Anda memiliki keyakinan apa yang Anda lakukan adakah memberikan pemasukan yang besar. Jangan meremehkan faktor keyakinan; ini memainkan peran yang besar dalam kuantitas dan kualitas output Anda dalam tahap menerapkan agenda. Mungkin Anda terheran-heran bagaimana seorang pilot pesawat bisa terbang setinggi 35,000 ribuan kaki di udara, satu jam mengendarai 500 mil dalam kegelapan, melakukannya tanpa takut menabrak sesuatu, pesawat lain misalnya? Dia memiliki keyakinan dengan instrumennya, yang merupakan satu-satunya yang bisa dia operasikan. Saat Anda yakin dengan instrumen Anda, dalam agenda, Anda bisa melakukan lebih banyak, lebih baik, dan hasil yang lebih baik.

Oleh: Bryan Beckstead adalah pencipta dan pengembang Power Time System dan Power Productivity Maximizer serta pemilik Sitebizz.com. powertimesystem.com.

Sumber: Article Source: http://www.leadershiparticles.net

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

Artikel: www.pengusahamuslim.com

Ditulis Oleh : Nur Giantoro // 8:29:00 PM
Kategori:

1 komentar:

  1. Bener bgt tuh Sob.. tergantung mana yg kita pilih.... tapi jujur aku lebih suka jadi pengemudi.. soalnya kadang ada saatnya aku ga terlalu suka diatur haha....

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar......