Indonesia Admin Blogspot. Powered by Blogger.

Thursday, December 19, 2013

Berapa Jam Idealnya Tubuh Manusia Bekerja dalam Sehari?


(detik health) Jakarta, Beberapa orang 'kurang suka' tidur. Alih-alih tidur cukup, beberapa orang memilih tidur kurang dari 4 jam sehari demi mengejar produktivitas kerja atau melakukan hal-hal lain yang disukainya. Sebenarnya berapa jam idealnya tubuh manusia bekerja dalam sehari?

"Jika semuanya normal, rata-rata orang bekerja 8 jam sehari, 40 jam seminggu. Pengecualian kerja di offshore dan tempat terpencil lainnya 12 jam sehari. Ini dengan surat dari Kemenakertrans," kata dr Sudjoko Kuswadji, MSc(OM), PKK SpOk dari Yayasan Sudjoko Kuswadji Bersaudara (YSKB) dalam perbincangan dengan detikHealth, Selasa (17/12/2013).

Sesudah kerja 8 jam, maka pekerja harus istirahat tidur selama minimal 4 jam. Jika dalam sehari kurang dari 4 jam, maka utang tidur itu harus dibayar pada hari yang sama. Nah, kebutuhan tidur dalam sehari itu menurut dr Sudjoko dicicil. Pokoknya dalam 24 jam minimal 4 jam tidur pulas," ucapnya.

dr Sudjoko mengingatkan sebelum seseorang bekerja perlu diperiksa kesehatannya terlebih dahulu. Pemeriksaan yang dilakukan melibatkan pemeriksaan fisik (jantung dan paru), anggota gerak atas (lengan), anggota gerak bawah (tungkai), mata dan telinga, serta psikiatri (jiwa). Itu makanya, banyak perusahaan yang menerapkan adanya tes kesehatan terlebih dahulu kepada calon karyawan baru.

"Jika semua baik dan cocok untuk pekerjaannya maka dinyatakan seseorang fit untuk bekerja. Usia 27 tahun jarang mengidap darah tinggi atau jantung. Bisa saja menderita penyakit jantung kongenital yang dibawa sejak lahir," ujar dr Sudjoko.

Menurutnya, beberapa obat, makanan, dan minuman mempengaruhi siklus tidur seseorang. Kebiasaan seseorang yang berlanjut cukup lama akan mempengaruhi metabolism tubuh.

Terkait lembur, dr Sudjoko mengingatkan bahwa sebaiknya lembur tidak boleh lebih dari 2 jam sehari. Jika terlalu lama bekerja maka dampaknya menimbulkan kelelahan. "Mengantuk adalah gejala pertama kelelahan. Obat yang paling mujarab adalah tidur. Karyawan yang tidur siang selama istirahat makan siang sangat baik meskipun tidurnya hanya 1 jam. Itu sangat mengurangi kelelahan," terangnya.

"Kelelahan menyebabkan perhatian kita jadi berkurang, dan kecelakaan sering terjadi. Pada pekerja malam kelelahan paling mencolok sekitar pukul 02.00-04.00, dan kecelakaan maut sering terjadi pada jam-jam ini," tambah dr Sudjoko.

(vit/up)

Ditulis Oleh : Nur Giantoro // 7:09:00 PM
Kategori:

3 komentar:

  1. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  2. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar......