Indonesia Admin Blogspot. Powered by Blogger.

Monday, February 8, 2010

Tips Memilih Jurusan Perkuliahan

dalam hiungan bulan lagi pelaksanaan UAN akan dilaksanakan, tentunya perasaan berdebar-debar tak sabar ingin cepat menyelesaikannya mungkin begitu.hahaha iya iya iya... hari ini setiap sore terutama didaerah ponorogo bagian selatan banyak para santri-sanri yang ikut les guna mempersiapkan diri mengahadapi ujian akhir. saya do'akan kalian semua luluus 200%

ketika kalian sudah pada lulus dari tingkat SMA kebingungan pun tak dapat dipungkiri, ada yang mau nikah, kerja, kuliah, masih bingung cari-cari apa gitu.. nah bagi yang ingin melanjutkan kuliah saya dapat tips dari mas haryanto bagaimana memilih jurusan di perguruan tinggi :

Tips Memilih Jurusan Kuliah:
1. Sebelum mulai memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi negeri, sebaiknya Anda bisa mengukur kemampuan Anda sendiri. Jangan sampai Anda memilih terlalu tinggi, sehingga waktu kuliah Anda menjadi ketinggalan.

2. Selama belajar di bangku SMA/SLTA/SMK pelajaran apa yang menurut Anda paling menonjol nilainya dan paling Anda sukai.
Anda merasa punya kelebihan atau bakat yang menonjol, misalnya Anda suka komputer, atau bahasa.

Setelah Anda tahu mata pelajaran yang paling menonjol, alau hoby dan bakat Anda, coba Anda lihat Apakah ada jurusan kuliah PTN yang berhubungan dangan pelajaran menonjol Anda dan bakat Anda tersebut. Kalau ada pilihlah jurusan itu sebagai pilihan pertama Anda. Kalau jurusan pilihan Anda ini ada hubungannya dengan bakat dan hoby Anda, Anda pun akan belajar dengan lebih semangat dan serius.

3. Jauhkan dari pikiran Anda bahwa, “Kalau kita kuliah di jurusan favorit, setelah lulus kita pasti langsung mendapat pekerjaan” dan “Kalau kita mengambil jurusan PTN yang tidak favorit kita akan susah mencari pekerjaan”.
Fakta membuktikan bahwa: banyak mahasiswa lulusan dari jurusan favorit yang sampai sekarang masih menganggur dan masih mencari pekerjaan. Dan sebaliknya banyak lulusan PTN dari jurusan bukan favorit sudah mendapatkan pekerjaan.

4. Yang dibutuhkan oleh perusahaan atau para pencari lowongan pekerjaan bukan dari mana Anda lulus atau apakah Anda dari jurusan suatu PTN favorit atau bukan, tetapi keahlian atau keprofesionalan Anda di bidang yang Anda pelajari selama ini di bangku kuliah.

Bagaimana masih bingung, terus semangat ya.. terus belajar dan berkarya untuk indonesia kita

Ditulis Oleh : Nur Giantoro // 2:19:00 AM
Kategori:

4 komentar:

  1. Infonya menarik,,,, tapi tambahin donk, bagaimana cara cari uang paling mudah untuk beaya kuliah,,,

    ReplyDelete
  2. blog walking visit to my blog www.abdisr.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. bgus om... klo bsa lbih spesifik lge om???

    ReplyDelete
  4. sipsip,
    kalo contoh jurusan it nyari dmana bos?

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar......