Indonesia Admin Blogspot. Powered by Blogger.

Friday, February 18, 2011

BMKG Belum Pastikan Suara gemuruh gunung Wilis

Sebagaimana diketahui bahwa sejak tanggal 26 januari 2011 lalu  telah terjadi fenomena alam berupa suara gemuruh yang terdengar di sekitar wilayah ngebel lebh-lebih pada malam hari suara tersebut terdengar begitu jelas, belum jelas titik lokasinya dan hal inilah yang membuat warga disekitar wilayah timur Ponorogo merasa kawatir jikalau ternyata ada gunung berapi yang belum terpantau oleh Pemerintah.  

Seperti yang diketahui bahwa di Kabupaten Ponorogo tidak terdapat gunung berapi namun penduduk disekitar kaki gunung Wilis itu merasa terancam jika ternyata Gunung Wilis bisa beraktifitas layaknya gunung berapi, namun kemarin Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Tretes Malang Petrus Demonsili menjelaskan dihadapan Bupati Ponorogo di Gedung Bantarangin bahwa lokasi suara gemuruh berada di arah timur Km 14-30 Ds. Wagir Kidul Pulung Ponorogo.  


Masih menurut Petrus suara gemuruh yang disertai getaran tanah tersebut masih berintensitas rendah  yang bersumber dari gempa seismic berkekuatan ringan dengan skala 2 MMi dan tidak berbahaya. Karena kewenangan BMKG hanya sebatas dalam pemetaan lokasi dan kekuatan getaran gempa maka pada tanggal 12 Pebruari tim dari Geofisika Bandung tiba di seputar lokasi sumber suara untuk meneliti dan medeteksi penyebab sumber suara yang disertai dengan getaran tersebut. Sampai berita ini ditulis Tim dari Bandung masih belum memberikan konfirmasi kejelasan tentang fenomena suara gemuruh ini. 

Ditulis Oleh : Nur Giantoro // 7:53:00 PM
Kategori:

2 komentar:

  1. semoga saja gunung wilis bukan gunung berapi

    ReplyDelete
  2. "Willis Mountain, Indonesia"
    "Not sure Vote BMKG Wilis mountain rumble"

    Barter good blog links, chat box, follow http://indonesianstate-indonesia.blogspot.com

    facebook: http://apps.facebook.com/easycash-usd/?refid=100001041095779&ref=link

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar......