PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM RPP

PRINSIP-PRINSIP

PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM RPP


 

Makalah ini di susun untuk memenuhi tugas

Pada mata kuliah "RPP"


 


 


 

Di susun oleh:

Muhammad Ihwanuddin

(243062090)


 


 


 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI

STAIN PONOROGO

2008


 


 


 

BAB I

PENDAHULUAN


 

  • Latar Belakang


     

    Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

    Kegiatan pengembangan kurikulum dalam proses pendidikan dan pengajaran harus menentukan beberapa hal yang pokok yang harus dipertimbangakan oleh para pengembangan kurikulum antara lain :

  1. Falsafah hidup bangsa, sekolah dan guru itu sendiri.
  2. Pertimbangan, harapan, kebutuhan, atau permintaan masyarakat akan produk pendidikan.
  3. Kesesuaian kurikulum dengan kondisi peserta didik.
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tegnologi

Kurikulum cenderung berubah dan berkembang karena dari masa kemasa cenderung disempurnakan untuk mencapai kemajuan dalam proses pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik dan efisien, karena pentinganya prinsip pengembangan sebuah kurikulum maka penulis ingin mengambil judul "Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam RPP" makalah ini hanya sekedar sebuah pengantar saja maka dari itu jauh dari sempurna, bila ada tambahan, kritik, dan saran kami akan menerima guna untuk kesempurnaan makalah ini.

  • Rumusan masalah
  1. Apakah pengembangan kurikulum itu?
  2. Apa saja prinsip-prinsip penngembangan kurikulum?


     


 

BAB II

PEMBAHASAN


 


 

  1. Pengertian Pegembangan Kurikulum

    Pengembangan kurikulum adalah sebuah proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi belajar mengajar yang abaik. Dengan kata lain pengembangan kurikulum adalah kegiatan untuk menghsilkan kurikulum baru melalui langkah-langkah penyusunan kurikulum atasa dasar hasil penilaian yang dilakukan selama periode waktu tertentu.

    Pada umumnya hli kurikulum memandang kegiatan pengembnagn kurikulum sebagai suatu proses yang cotinu, merupakan suatu siklus yang menyengkut bebrapa kurikulum yaitu komponen tujuan, bahan, kegiatan dan evaluasi.


     

  2. Prinsip-Prinsip Pembentukan Kurikulum


     

    Oemar hamalik (2001) membagi prinsip pengembangan kurikulum menjadi delapan macam, antara lain:

    1. Prinsip Berorientasi Pada Tujuan

    Pengembngan kurikulum diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu, yang bertitik tolak dari tujuan pendidikan Nasional. Tujuan kurikulum merupakan penjabaran dan upaya untuk mencapai tujuan satuan dan jenjang pendidikan tertentu. Tujuan kurikulum mengadung aspek-aspek pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai. Yang selanjutnya menumbuhkan perubahan tingkah laku peserta didik yang mencakup tiga aspek tersebut dan bertalian dengan aspek-aspek yang terkandung dalam tujuan pendidikan nasional.

    1. Prinsip Relevansi (Kesesuaian)

    pengembanga kurikulum yang meliputi tujuan, isi dan system penyampaian harus relevan (sesuai) dengan kebutuhan dan keadaan masyarakat, tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa, serta serasi dengan perkembnagan ilmu pengetahuan dan tegnologi.


     

    1. Prinsip Efisiensidan Efektifitas.

    Pengembangan kurikulum harus mempertimbangkan segi efisien dan pendayagunaan dana, waktu, tenaga, dan sumber-sumber yang tersedia agar dapat mencapai hasil yang optimal. Dana yang terbat harus digunakan sedemikina rupa dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran. Waktu yang tersedia bagi siswa belajar disekolah juga terbatas sehingga harus dimanfaatkan secara tepat sesuai dengan tata ajaran dan bahan pembelajaran yang diperlukan. Tenaga disekolah juga sangat terbatas, baik dalam jumlah maupun dalam mutunya, hendaknya didaya gunakan secara efisien untuk melaksanakan proses pembelajaran. Demikian juga keterbatasan fasilitas ruangan, peralatan, dan sumber kerterbacaan, harus digunakan secara tepat oleh sswa dalam rangka pembelajaran, yang semuanya demi meningkatkan efektifitas atau keberhasilan siswa.

    1. Prinsip Fleksibilitas

    Kurikulum yang luwes mudah disesuaikan, diubah, dilengkapi atau dikurangi berdasarkan tuntutan dan keadaan ekosistem dan kemampuan setempat, jadi tidak statis atau kaku. Misalnya dalam suatu kurikulum disediakan program pendidikan ketrampilan industri dan pertanian. Pelaksanaaan di kota, karena tidak tersedianya lahan pertanian., maka yang dialakanakan program ketrampilan pendidikn industri. Sebaliknya, pelaksanaan di desa ditekankan pada program ketrmpilan pertanian. Dalam hal ini lingkungan sekitar, keadaaan masyarakat, dan ketersediaan tenaga dan peralatan menjadi faktor pertimbangan dalam rangka pelaksanaan kurikulum.

    1. Prinsip Kontiunitas

    Kurikulum disusun secara berkesinambungan, artinya bagian-bagian, aspek-spek, materi, dan bahan kajian disusun secara berurutan, tidak terlepas-lepas, melainkan satu sama lain memilik hubungan fungsional yang bermakna, sesuai dengan jenjang pendidikan, struktur dalam satuan pendidikn, tingkat perkembangan siswa. Dengan prinsip ini, tampak jelas alur dan keterkaitan didalam kurikulum tersebut sehingga mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.

    1. Prinsip Keseimbangan

    Penyusunan kurikulum memerhatikan keseimbangan secara proposional dan fungsional antara berbagai program dan sub-program, antara semau mata ajaran, dan antara aspek-aspek perilaku yang ingin dikembangkan. Keseimbangan juga perlu diadakan antara teori dan praktik, antara unsur-unsur keilmuan sains, sosial, humaniora, dan keilmuan perilaku. Dengan keseimbangan tersebut diaharapkan terjalin perpaduan yang lengkap dan menyeluruh, yang satu sama lainnya saling memberikan sumbangan terhadap pengembangan pribadi.

    1. Prinsip Keterpaduan

    Kurikulum dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prinsip keterpaduan, perencanaan terpadu bertitik tolak dari masalah atau topik dan konsistensi antara unsur-unsusrnya. Pelaksanaan terpadu dengan melibatkan semua pihak, baik di lingkungan sekolah maupun pada tingkat inter sektoral. Dengan keterpaduan ini diharapkan terbentuk pribadi yang bulat dan utuh. Diamping itu juga dilaksanakan keterpaduan dalam proses pembalajaran, baik dalam interaksi antar siswa dan guru maupun antara teori dan praktek.

    1. Prinsip Mutu

    Pengembangan kurikulum berorientasi pada pendidikan mutu, yang berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran yang bermutu ditentukan oleh derajat mutu guru, kegiatan belajar mengajar, peralatan,/media yang bermutu. Hasil pendidikan yang bermutu diukur berdasarkan kriteria tujuan pendidikan nasional yang diaharapkan.


     

  3. Pendekatan Pengembangan Kurikulum

    Pada dasarnya strategi dan pendekatan adalah berbeda, perbedaan terletak pada jangkauan (cakupan) bahasannya. Hal ini berarti bahwa strategi lebih sempit dari pendekatan. Strategi pada dasarnya adalah siasat yang ditetapkan untuk untuk memecahkan suatu masalah, sedangakan pendekatan lebih menekankan usaha dan penerapan langkah-langkah atau cara kerja dengan menerapkan suatu strategi dan beberapa methode yang tepat, yang dijalankan sesuai dengan langkah-langkah yang sistematik untuk memperolah hasil kerja yng lebih baik.

    Jadi pendekatan pengembangan kurikulum adalah cara kerja dengan menerapkan strategi dan methode yang tepat dengan mengikuti langkah-lngkah pengembangan yang sistematis untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik, ada berbagai macam pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum yaitu:

  • Pendektan yang berorientasi pada bahan pelajaran
  • Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
  • pendekatan dengan pola organissi bahan.

Sementara shodih dan mulyasa (2002) mengemukakan pendekatan pengembangan kurikulum berdasarkan pada sistem pengelolaan, fokus sasaran dan kompetensi. Maksudnya sistem pengelolaan pengembangan kurikulum dibedakan antara sistem pengelolaan yang terpusat (sentralisasi) dan tersebar (desentralisasi). sedangkan berdasarkan pada fokus sasaran maksudnya pengembnagn kurikulum dibedakan antara pendektan yang mengutamakan penguasaan ilmu pengetahuan, penguasaan kemampuan standar, penguasaan kompetensi, pembentukan pribadi, dan penguasaan kemampuan memecahkan masalah sosial kemasyarakatan. Pendekatan berdasarkan kompetensi merupakan pengembangan kurikulim yang memfokuskan penguasaan kompetensi tertentu berdasarkan tahap- tahap perkembangan peserta didik.

BAB III

KESIMPULAN


 

  • Pengembangan kurikulum adalah sebuah proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi belajar mengajar yang baik
  • Prinsip pengembangn kurikulum menjadi delapan macam, antara lain:
    • Prinsip berorientasi pada tujuan
    • Prinsip relevansi (kesesuaian)
    • Prinsip efisiensidan efektifitas
    • Prinsip fleksibilitas
    • Prinsip kontiunitas
    • Prinsip keseimbangan
    • Prinsip keterpaduan
    • Prinsip mutu
  • Pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangn kurikulum yaitu:
    • Pendektan yang berorientasi pada bahan pelajaran.
    • Pendekatan yang berorientasi pada tujuan.
    • Pendekatan dengan pola organissi bahan.


     

    REFERENSI


     

    Joko susilo, muhammad, Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan, Pustaka Pelajar, yogyakrta, 2007

    Ahmad, Dkk, Pengembangan Kurikulum, Pustak Setia, Bandung 1998


     


 


 


 

Comments